Batik

Yuk Belanja Batik di Sentra Kerajinan Batik Indonesia

Terdiri dari berbagai pulau dan kebudayaan, Indonesia memiliki banyak sekali motif batik khas setiap daerah. Sebelum berbelanja batik, sebaiknya kamu ketahui nih beberapa sentra batik yang ada di Indonesia!

Kampung Batik Laweyan, Solo

Sentra batik ini terletak di Desa Laweyan, Solo. Batik Solo terkenal dengan corak tradisional. Beberapa motif batik asal Solo di antaranya: Sido Luruh, Sido Mukti, Sido Mulyo, Sido Dadi, Satrio Wibowo dan Tikel Asmorodono. Selain kampung tersebut, terdapat pula Kampung Batik Kauman di daerah Solo.

Kampung Batik Trusmi, Cirebon

Terletak di Plered, Cirebon, sekitar 4 KM di sebelah barat Kota Cirebon. Motif batik yang terkenal dari daerah ini yaitu: Mega Mendung.

Kampung Batik Girli Kliwonan, Sragen

Terletak di Desa Kliwonan, penggunaan nama Girli didasari karena posisinya yang berada di pinggir kali. Motif batik daerah ini didominasi warna hitam atau kecokelatan dengan pola geometris, bintang-bintang, bunga dan lain-lain.

Kampung Sasirangan, Banjarmasin

Menyediakan batik khas Banjarmasin, cara pembuatan batik di sana tidak jauh berbeda dengan di pulau Jawa, yaitu secara tradisional. Untuk bahan pewarna yang digunakan, biasanya diambil dari jahe, air pohon pisang, daun pandan dan lain-lain.

Kampung Tembung, Medan

Dapat ditempuh dalam waktu 1 jam dari Stasiun Medan. Motif batik yang ditawarkan yakni hasil pengembangan oleh perajin sehingga sangat beragam. Namun demikian, motif batik masih memuat seputar tradisi asli daerah.

Masih terdapat banyak kampung batik di penjuru Indonesia. Tidak menjadi masalah jika kamu ingin berbelanja batik meski lokasi sentra batik tersebut sangat jauh dari tempat tinggalmu. Kini kamu dapat memanfaatkan jasa titip, untuk mendapatkan jastiper terpercaya kamu bisa melakukan transaksi di aplikasi Hello Bly, caranya mudah saja: cukup download dan install Hello Bly dari Play Store.

Leave a Comment

Your email address will not be published.