delete

Tips Jastip Aman

Jastip saat ini jadi trend belanja baru yang makin banyak diminati oleh banyak orang. Seiring perkembangannya, mari kita simak tips jastip aman agar bisnis jastipmu selalu aman dan nyaman. 

1. Kemaslah barang bawaan pribadi
Pastikan kamu mengemas barang bawaanmu agar kamu dapat mengetahui isi barang bawaanmu.

2. Jangan pernah menerima titipan barang dari orang yang tidak kamu kenal
Titip menitip lebih nyaman jika Jastip dan Penitip lebih saling mengenal. Gunakan media chat di aplikasi HelloBly yang bisa membantumu ngobrol, berdiskusi, dan lebih kenal dan akrab sebelum menerima titipan.

  • Pastikan kamu mengetahui barang yang dititip oleh Penitipmu.
    Jangan menerima barang titipan yang sudah dibungkus atau termasuk kategori barang yang berbahaya (terlarang)
  • Periksa tiap barang yang dititip. Tentu sebagai jastip cerdas, pastikan barang yang dititip sesuai dengan ketentuan Bea Cukai yang berlaku dan pastinya tidak mengandung narkotika/ psikotropika terlarang. 

3. Pahami ketentuan barang yang diperbolehkan
Sangat penting untuk memastikan barang yang kamu bawa bukanlah barang narkotika atau senjata tajam dan tidak melanggar hukum. Kamu bisa mempelajari ketentuan barang di web resmi Bea Cukai RI

4. Kenali prosedur pelaporan saat tiba di pemeriksaan bea cukai

  • Isi Custom Declaration dan kenali aturan pembebasan (Fasilitas Perpajakan) yang berlaku.
  • Pembebasan barang pribadi sebesar USD500 per penumpang. (kelebihannya akan dikenakan bea masuk dan pajak dalam rangka impor)
  • Barang pribadi penumpang dewasa yang merupakan barang kena cukai paling banyak 200 batang sigaret, 25 batang cerutu atau 100 gram tembakau iris dan 1 liter minuman mengandung etil alkohol. Atas kelebihannya akan dimusnahkan oleh petugas

5. Pahami pemeriksaan jalur pemeriksaan di bandara

  • Jalur hijau: merupakan proses pelayanan dan pengawasan pengeluaran barang impor dengan tidak dilakukan pemeriksaan fisik, tapi dilakukan penelitian dokumen setelah penerbitan Surat Persetujuan Pengeluaran Barang (SPPB).
  • Jalur kuning: jalur kuning adalah proses pelayanan dan pengawasan pengeluaran barang impor dengan tidak dilakukan pemeriksaan fisik, tapi dilakukan penelitian dokumen sebelum penerbitan SPPB.
  • Jalur merah: proses pelayanan dan pengawasan pengeluaran barang impor dengan dilakukan pemeriksaan fisik dan penelitian dokumen sebelum penerbitan SPPB. 

Ketentuan barang dapat dicek disini

Ya Tipster, itulah 5 tips jastip aman khususnya untuk kamu Jastip yang bepergian lintas negara maupun dalam negeri. Sebagai platform, HelloBly tidak bertanggung jawab atas resiko yang terjadi dari pelanggaran ketentuan Bea Cukai dan negara RI, pastikan kamu selalu menjadi Jastip yang aman dan cerdas ya Tipsters. Salam #Jastip #AmanMudahNyaman bersama #NetworkOfJastip HelloBly! 


Download HelloBly, mudah dan GRATIS tanpa potongan biaya: